Foto – Foto Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca Dari Lanud Adi Soemarmo

BOYOLALI, solopopuler.com
Selama sepekan dilakukan kegiatan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) serentak di kota besar. Salah satunya ada wilayah Kota Solo dengan inisiasinya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pesawat digunakan jenis C-212 dengan nomor registrasi A-2105 dipiloti oleh Kapten Penerbang, Faizal dari Lanud Adi Soemarmo.

TMC dijadwalkan berlangsung dari tanggal 31 Mei hingga 10 Juni 2024. Pelaksanan ini bertujuan untuk meningkatkan debit air waduk. Dalam hal ini yang tersebar di seluruh Pulau Jawa.

Garam dengan estimasi total mencapai 16 ton yang dibawa oleh Pesawat jenis C-212 dalam Teknologi Modifikasi Cuaca.

Dalam operasi tersebut, setiap lokasi akan menerima penyebaran garam dengan estimasi total mencapai 16 ton.
Lokasi tersebut diantaranya Malang, Solo dan Bandung. Dengan begitu, dapat memicu hujan buatan sehingga menambah volume air di waduk-waduk yang ada.

Persiapan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di Lanud Adi Soemarmo Boyolali, Sabtu (01/06/2024)
Tim operasi TMC dari TNi Angkatan Udara dan Kementerian PUPR di Lanud Adi Soemarmo, Boyolali.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya mitigasi kekeringan yang sering melanda wilayah tersebut. Pesawat ini telah berhasil melaksanakan dua sortie untuk menyebarkan garam, Sabtu (01/06/2024) kemarin. Setiap sortie dilaksanakan dengan koordinasi yang ketat antara pihak TNI Angkatan Udara.

BACA JUGA: 📱Komandan Lanud Adi Soemarmo Dijabat Resmi Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko

Berikut dengan tim teknis dari Kementerian PUPR untuk memastikan efektivitas penyebaran garam dan keselamatan operasi. Harapannya kebutuhan air bagi pertanian, industri, dan kebutuhan sehari-hari masyarakat dapat terjaga dengan baik. (*/FOTO : Penerangan Lanud Adi Sumarmo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *