KIP Jateng Terima 100 Buah Register Dan Penyelesaian Sengketa Informasi Publik

SOLO, solopopuler.com – Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah telah menerima register perkara. Berikut juga menyelesaikan sengketa informasi publik. Dalam hal ini, Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Sutarto mengatakan sebanyak 100 buah.

” Yang terdiri atas sengketa informasi dengan pemohon perseorangan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), ” katanya, Selasa (30/04/2024).

Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Sutarto. (dok.pribadi)

Berikut, organisasi masyarakat yang bersengketa dengan termohon dari Pemerintahan Desa. Berikut dari Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, pemerintah kabupaten/kota. Termasuk juga badan vertikal yakni BPN, KPU, bawaslu dan lain-lain.

” Selain itu Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah telah dan sedang melaksanakan atau menginisiasi keterlibatan berbagai pihak, ” ujarnya.

Ia mencontohkan, perguruan tinggi/universitas dan tokoh-tokoh masyarakat serta agama. Hal ini dalam rangka mensosialisasikan dan mengedukasi pentingnya keterbukaan Informasi Publik. Sebagaimana, diamanatkan dalam UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

” Dalan UU tersebut penyelenggara negara/daerah wajib memberikan informasi publik kepada masyarakat dan perlu adanya partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, ” terangnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melaksanakan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik. Ia menyebut diseluruh pemerintahan atau badan publik se-Jawa Tengah. Sedangkan menjadi komitmen dalam memperingati Hari Keterbukaan Informasi Publik Nasional pada tanggal 30 April 2024. Adapun tema tahun ini adalah Semangat Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik atau good governance.

BACA JUGA: 📱KI Provinsi Jateng Pertama Kali Monitoring Pemilu 2024, Contohkan Ada TPS Di Sekolah Hemat Biaya

Keterbukaan informasi publik, kata dia, Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah telah enam kali berturut-turut meraih penghargaan. Diterangkan, Predikat Informatif Terbaik tingkat nasional selama kurun waktu 2017 – 2023. Yang terakhir pada Desember 2023 dengan diserahkan oleh Wakil Presiden kepada Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana di Istana Wakil Presiden di Jakarta. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *