Kirab Pusaka Pura Mangkunegoro Dihadiri Bakal Calon Kontestan Pilkada

SOLO, solopopuler.com – Prosesi adat jawa Tahun Baru Jawa 1 Sura digelar Pura Mangkunegaran, Minggu (07/06/2034). Seperti tahun sebelumnya digelar kirab pusaka dengan diikuti para pejabat seperti Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Mereka berkeliling Pura Mangkunegaran dengan pakaian hitam melakukan topo bisu atau puasa berbicara.

Pantauan di lokasi,para tamu undangan mulai tiba sekitar pukul 18.00 WIB. Para tamu undangan menunjukkan surat undangan dari Pura Mangkunegaran kepada abdi dalem. Satu jam berikutnya tampak hadir Kaesang Pangarep bersama istrinya Erina Sofia Gudono berada di Paringgitan.

Ketua Umum DPD PSI, Kaesang Pangarep bersama istrinya, Erina Sofia Gudono usai Kirab Pusaka Pura Mangkunegoro, Minggu (07/07/2024) malam. (FOTO: Agung Santoso)

Keikutsertaan Kaesang pada Kirab Pusaka Dalem merupakan pengalaman kali pertamanya. Berikut juga sejumlah politikus hadir antara lain Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Tengah (Jateng), Antonius Yogo Prabowo dan Politikus PDIP, Aria Bima bersama putrinya Sukma Putri Maharani yang juga bakal calon walikota Solo dari PDI P.

Hadir juga,  anak Ketua DPR Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani, Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa yang juga bakal calon walikota. Penguasa pura Mangkunegaran Ke 10, Gusti Bhre Cakrahutomo Wira melepas kirab. Selanjutnya prosesi dilakukan kirab dengan mengitari pura Mangkunegaran dengan bertelanjang kaki.

Kali ini lebih luas memutar dengan melintasi jalan Slamet Riyadi Solo. Terlihat Kirab Pusaka dimulai dari Pendhapa Ageng Pura Mangkunegaran bergerak ke arah selatan menuju Ngarsopuro (Jl Diponegoro). Sampai di Jalan Slamet Riyadi, bergerak ke arah Barat lalu masuk ke Jl Kartini.

BACA JUGA : 📱Jelang Satu Suro Pura Mangkunegara Tradisi Kirab Pusaka, Gusti Bhre Sebut Rute Diperluas

Kemudian bergerak ke arah utara menuju Jl R.M. Said. Sampai di Jl R.M. Said, bergerak ke arah timur menuju Jl Teuku Umar, lalu bergerak ke arah selatan menuju Jl Slamet Riyadi.

Sampai di Jalan Slamet Riyadi, bergerak ke arah barat menuju Jl Diponegoro. Kemudian, bergerak ke arah utara hingga kembali ke area Pendhapa Ageng, Pura Mangkunegaran. Kemudian dilanjutkan mencuci pusaka yang menjadi rebutan warga. Selanjutnya, Gusti Bhre membagikan uang atau udik udik istilah jawanya dikemas bunga. Selanjutnya, tahun ini terlihat tidak hadir yakni Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *