OJK Jateng Menangani Investasi Koperasi Bunga Tinggi Hingga Pinjol Di Kota Solo

SOLO, solopopopuler.com –
Otoritas Jasa Keuangan Jawa Tengah menangani salah satu investasi koperasi bunga tinggi di Kota Solo. Masyarakat yang menjadi nasabahnya banyak sampai Jawa Timur hingga bermasalah. Hal ini dikatakan oleh Kepala OJK Jawa Tengah Sumarjono.

” Kepolisian sedang melakukan BAP, ” ujarnya kepada awak media, Kamis (13/06/2025)

Kepala OJK Jateng Sumarjono dan Kepala OJK Kota Solo Eko Haryanto. (Foto : Agung Santoso)

Dalam hal ini, ungkap dia, kalau koperasi ini menjanjikan bunga tinggi kepada nasabah. Selanjutnya bekerjasama dengan dinas koperasi dan kepolisian untuk dilakukan BAP terhadap anggota maupun pengurus koperasi. Biasanya kalau bermasalah dengan pidana sehingga otomatis blacklist.

” Mereka tidak bisa masuk dalam sektor jasa keuangan, ” tandasnya.

BACA JUGA: 📱Aksi Protes Pinjol Mahasiswa Di UIN RM Sahid, OJK Solo Akan Koordinasi

Dalam kinerja maka pihaknya berkerjasama dengan Satuan tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas PASTI. Sepanjang bulan mei ini di Kota Solo dan sekitarnya sebanyak 74 pengaduan pinjaman online (pinjol). Secara rinci ia mengatakan 27 pengaduan pinjol legal dan 46 pinjol ilegal.

” Pinjol ini berbasis teknologi, sehingga penanganannya berkordinasi dengan Satgas Pasti, ” ujarnya.

Kepala OJK Kota Solo Eko Hariyanto yang baru saja dikukuhkan di tugas yang baru juga mengungkapkan juga pengaduan lainnya. Ia sebut perbankan ada 49 pengaduan, dan tindak pidana penipuan kejahatan digital sebanyak 43. Belum lagi ada sosial engineering, sniiping, penawaran serta bujuk rayu dengan mengisi data. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *