Program Angkut Motor Gratis Lebaran Jalur Kereta Api , Pendaftaran Hingga 18 April 2024

SOLO, solopopuler.com – Program angkutan motor gratis (motis) kembali digelar dengan pendaftaran hingga 18 April. Ini yang dilakukan oleh pihak Daop 6 Yogyakarta untuk meneruskan kembali Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Hal ini diungkapkan Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.

” Motor ini akan diangkut menggunakan kereta api secara gratis, ” terangnya dalam keterangan tertulisnya.

Sepeda motor yang dikirim melalui Program Motis 2024. (Istimewa)

Ini sebagai program tahunan pemerintah melalui kementerian perhubungan untuk masyarakat yang mudik. Dengan begitu jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan. Pastinya, tingkat keselamatan meningkat.

” Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret s.d 18 April 2024, ” terangnya.

Selanjutnya, pendaftaran menggunakan laman mudikgratis.dephub.go.id. Untuk syaratnya bagi pendaftar yakni KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK, Besaran Motor <200 CC. Setelah mendaftar melalui laman maka dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk.

” Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif, ” ujarnya.

Perlu diketahui Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

BACA JUGA : 📱Satlantas Solo Inspeksi Ramcek Di Terminal Tirtonadi Bersama BPTD Jateng, Bus Ditilang Dan Ilegal

Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu sampai dengan Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya. Untuk info lebih lanjut terkait Motis, bisa akses mudikgratis.dephub.go.id atau akun Instagram @motis_2024.

” KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis, ” jelasnya.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation). Dan akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu Lintas Utara (PP) dari Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang. Berikutnya untuk Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo. Untuk lintas berikutnya, Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *