Ribuan Penghayat Tuhan YME Di Jawa Tengah Disiapkan Pendidik Sejak Tingkat SD

SOLO, solopopuler.com –┬áSembilan ribuan penghayat Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa (YME) dan Masyarakat Adat tersebar di Jawa Tengah. Mereka tinggal beriringan bersama masyarakat agama lain. Hal ini dikatakan Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat, Ditjen Kebudayaan, Kemdikbudristek, Sjamsul Hadi.

” Penghayatan ini dibawah Kemendikbud Ristek, ” terangnya saat dikonfirmasi, Rabu (12/07/2023).

Direktur Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat, Ditjen Kebudayaan, Kemdikbudristek, Sjamsul Hadi.(FOTO: Agung Santoso)

Selanjutnya, ia merinci ada 9770 penghayat dan memiliki KTP sebanyak 2203 orang. Untuk meningkatkan pendidikan mereka telah disiapkan tenaga pendidik, kurikulum. Dari tingkat sekolah dasar hingga universitas dan beasiswa calon guru program pendidikan tersebut.

” Ini sudah ada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 27 Tahun 2016. Tentang pelayanan pendidikan, ” terangnya.

Selanjutnya, ia mengatakan siswa didik penghayat di Jawa Tengah ada 161 siswa. Sedangkan ada 72 siswa didik Sekolah Dasar. Berikut juga SMP ada 39 siswa didik dan SMA 49 siswa didik.

” Ada satu universitas yang ada prodi tersebut, 17 Agustus, Semarang, ” ujarnya.

Untuk mengimplementasikan nilai luhur itu, pihaknya menggelar Festival Budaya Spritual. Lantas, pilihan kegiatan itu di Solo, ia menyebut memiliki indeks kota toleransi 2022 nilai baik. Belum lagi, Karaton Surakarta masih memiliki budaya luhur yang beriringan dengan masyarakat.

BACA JUGA : ­čô▒Pemkot Berencana Bangun Gereja Di Banyuanyar, Gibran Sebut Penyegelan Itu Salah Paham

” Kementerian telah membentuk tim advokasi dari 35 kementrian dan lembaga untuk pelayanan mereka, ” terangnya.

Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa mengatakan masih banyak tradisi dan budaya di Kota Solo. Lanjutnya, ia juga mengatakan perlunya pemahaman kepada masyarakat. Apalagi ia mencontoh, ada di Kota Depok lebih didominasi agama tertentu. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *