Sidak Di Pasar Kadipolo, Kenaikan Harga Daging Dan Cabai Jelang Idul Adha

SOLO, solopopuler.com – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo melakukan inspeksi mendadak untuk memantau harga berbagai barang kebutuhan pokok di pasar tradisional di Solo, Jawa Tengah. Salah satunya di Pasar Kadipolo yang harga komoditas yakni daging, cabai merah, cabai rawit yang merangkak naik jelang hari raya Idul Adha 2024 ini. Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Murtono, Rabu (12/06/2024)

” Dari pemantauan di Pasar Kadipolo untuk harga daging stabil, ada kenaikan tapi sedikit. Tidak signifikan, ” ujarnya.

TPID cek harga komoditas di Pasar Kadipolo, Rabu (12/06/2024)

Meskipun tidak signifikan untuk harga daging ini, karena ada alasannya. Yakni, stok daging berkurang beberapa hari ini. Bahkan dihimpun dari sejumlah pedagang, harga daging sapi naik.

” Dalam hal ini dari semula Rp 125 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp 130 ribu per kg, ” katanya mencontohkan.

BACA JUGA : 📱Harga Beras Naik, Walikota Solo Gibran Siapkan Intervensi

Adapun harga cabai merah besar saat ini Rp 45 ribu per kg dari harga semula Rp 38 rbu per kg. Sedangkan harga cabai rawit dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 38 ribu per kg. Pada kesempatan itu, hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Dwiyanto Cahyo Sumirat. Hal ini dipicu faktor permintaan meningkat jelang idul adha.

” Yang terlihat kenaikan harganya agak tinggi itu ada cabai merah dan cabai, ” terangnya.

Belum lagi, produktivitasnya sedikit menurun, sementara permintaan meningkat. Persentase kenaikan harga kali ini lebih rendah jika dibandingkan kenaikan harga pada periode yang sama tahun lalu.

“Tahun lalu kenaikannya sekitar lebih dari 50 persen dari bulan ke bulan. Tapi untuk sekarang ini sekitar 24 persen,” tutur dia. 

Data yang dihimpun dari sejumlah pedagang didapati harga beras mulai dari Rp 16.500 per kg. Namun harga naik menjadi Rp 17.000 per kg. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *