Taman Balekambang Proses Serah Terima PUPR, Pemkot Solo Diberikan Masukan Untuk Aktivitas

SOLO, solopopuler.com – Revitalisasi telah dilakukan Pemerintah Kota Solo terhadap Taman Balekambang peninggalan Adipati Mangkunegara. Dengan begitu segera diresmikan sebelum digunakan bagi anak muda, seniman hingga wisata taman. Setidaknya kondisi ini disampaikan Sektretaris Daerah Solo, Budi Murtono.

“Kalau peresmian belum bisa saya sampaikan, ” jelasnya saat dikonfirmasi usai Rembug Pembangunan Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Sejumlah warga menikmati di Komplek Taman Balekambang Kota Solo beberapa waktu lalu. (Foto : Agung Santoso)

Lanjutnya, ada masukan dari Kementerian PUPR kalau peresmian itu harus dipastikan sudah ada aktivitas. Baik itu, Ketoprak Balekambang atau ada kegiatan UMKM. Selanjutnya, kalau pihak pemerintah kota tengah berusaha selesaikan serah terima akhir Juni.

“Kami usahakan secepatnya begitu serah terima selesai bisa dimanfaatkan, ” jelasnya

Mungkin sementara untuk memanfaatkannya tidak ful namun terbatas setelah serah terima. Revitalisasi Taman Balekambang, lanjutnya, dalam tahap pemeliharaan. Bahkan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk memperbaiki kerusakan minor dan menata tanaman.

BACA JUGA : 📱Pemkot Solo Usulkan Lima Proyek Prioritas Tahun 2025 Ke Pemrov Jateng Mencapai Rp 92 Milyar

Taman Balekambang belum memungkinkan dikelola pihak ketiga dalam waktu dekat. Pihaknya mencoba menata Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balekambang menjadi Badan Layanan Umum Daerah. Menurut dia, ada tarif masuk yang nilainya sesuai dengan Perda Kota Solo No.14/2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

” Nantinya juga melakukan evaluasi mengenai tarif masuk Taman Balekambang, ” terangnya.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengusahakan membuka Taman Balekambang untuk rekreasi, Juni 2024. Dari laman pemerintah kota kalau revitalisasi ini menghabiskan dana sebanyak Rp154,7 miliar. Pohon-pohon besar dan tua yang telah ada sebelumnya dipertahankan untuk mempertahankan daya tarik alaminya. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *