Tiga Calon Rektor UNS Ditetapkan Dan Berasal Dari Lingkungan Kampus

SOLO, solopopuler.com – Tiga profesor terpilih sebagai calon rekor Universitas Sebelas Maret  (UNS) Surakarta masa jabatan Tahun 2024-2029. Sebelumnya ada lima kandidat sebagai bakal calon pimpinan kampus yang satu diantaranya dari Universitas Lampung. Sedang tiga calon ini disampaikan Ketua Majelis Wali Amanat UNS, Prof. Muliaman Darmansyah Hadad.

” Sedangkan ini sudah dilalui dengan tahapan- tahapan, ” terangnya, Selasa (09/07/2024).

Konferensi pers Majelis Wali Amanat UNS menetapkan tiga calon rektor, Selasa (09/07/2024) siang. (FOTO: Agung Santoso)

Muncul tiga nama berasal dari UNS ini, kata Mualiman, setelah dilakukan pemungutan suara. Karena dari rapat pleno MWA terhadap lima kandidat sebelumnya tidak mencapai mufakat. Dengan begitu dilakukan pemungutan suara secara tertulis, langsung, bebas, dan rahasia.

” Setiap anggota MWA memilih dengan cara melingkari nomor urut bakal calon rektor, ” ujarnya.

Pemungutan suara dilakukan oleh seluruh anggota MWA yang hadir dalam rapat pleno MWA. Termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki hak suara yang sama. Artinya, bakal calon ini akan maju tahap berikutnya dijaring tiga orang yang memperoleh suara terbanyak.

” Suara terbanyak kesatu, kedua, dan ketiga ditetapkan sebagai calon rektor,” terangnya.

Ketiga calon rektor tersebut yaitu Prof. Hartono dari Fakultas Kedokteran dengan 15 suara. Kemudian urutan kedua, Prof Fitria Rahmawati dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan 14 suara. Sedangkan, berikutnya Prof. Muhtar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 13 suara.

” Kandidat lainnya, Prof Cucuk Nur Rosyidi dari Fakultas Teknik hanya 2 suara. Dan juga Prof Warsito dari Universitas Lampung hanya satu suara, ” terangnya.

BACA JUGA: 📱Lima Bakal Calon Rektor UNS Ditetapkan, Satu Asal Lampung Dan Satu Tidak Lolos

Dalam memilih Calon Rektor, MWA juga mempertimbangkan masukan warga kampus UNS. Hal ini telah terlaksana sejak tanggal 25 Juni sampai 2 Juli 2024. Termasuk reviu kertas kerja oleh Panelis dalam Forum Uji Publik Bakal Calon Rektor yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2024.

“MWA berharap seluruh tahapan pemilihan rektor berjalan dengan lancar dan melahirkan pemimpin yang dapat menjadikan UNS lebih maju seperti harapan kita bersama,” terangnya.

Semua ini dilalui sesuai dengan ketentuan Pasal 31 Peraturan MWA Nomor 1 Tahun 2024. Hal ini tentang Tata Cara Pemilihan Rektor juncto Pasal 36 Peraturan MWA Nomor 4 Tahun 2024 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Masa Jabatan 2024-2029. Dalam hal ini calon rektor harus menyerahkan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari jabatan kepada MWA melalui Panitia Pemilihan Rektor (PPR) paling lambat tanggal 11 Juli 2024 besok.

“Apabila tidak menyerahkan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari jabatan, calon rektor tersebut dinyatakan mengundurkan diri,” imbuhnya. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *