Tradisi Berbagi Bubur Banjar Samin Aroma Rempah, 1200 Porsi Sehari Selama Ramadhan

SOLO, solopopuler.com – Seribu porsi bubur khas Banjar Samin untuk berbuka puasa dibagikan kepada masyarakat oleh Takmir Masjid Darusalam, Serengan, Kota Solo, Selasa (12/04/2024) Ini sebagai tradisi setiap puasa bulan Ramadhan di masjid tersebut sejak 1985. Hal ini disampaikan Ketua Takmir Masjid Darussalam H. M. Rosyidi Muchdor sekaligus pemimpin doa.

” Sebulan penuh memasak bubur ini. Dan dibagikan kepada masyarakat, ” terangnya, Selasa (12/03/2024).

Takmir mencampur sayuran didalam bubur Banjar Samin ketika proses memasak, Selasa (12/03/2024) untuk berbuka puasa. (Foto: Agung Santoso)

Sebelum dibagikan telah dilakukan meracik bumbu dan sayuran. Berikut memasak bubur diatas panci besar dengan diaduk. Prosesi memasak ini dilakukan usai shalat duhur hingga dibagikan jelang berbuka.

” Selain untuk berbuka, ketika bulan Islam Nifsu Syakban, Asy Syuro, ” tambahnya kepada awak media.

BACA JUGA : 📱Menu Buka Puasa Masjid Zayed Solo Selera Indonesia Dan Timur Tengah Sebanyak 6000 Porsi

Setiap hari, kata Rosyidi, sebanyak 1200 porsi dibuat oleh para takmir masjid. Sedangkan dibagi kepada masyarakat peminat sebanyak 1000 porsi dan 200 porsi untuk takmir. Seberat 1,5 ton beras telah disiapkan untuk tradisi rutin menu berbuka puasa ini atau 45 Kg untuk tiap harinya.

Alhamdulillah, banyak kalangan mendukung kegiatan ini, ” ujarnya.

Lantas, ia menyebutkan ada dari Singapura, pemerintah hingga alumni sekolah Darussalam. Sebelum dibagikan digelar doa terlebih dahulu supaya membawa berkah. Pada kesempatan itu antrian panjang di halaman Masjid Darussalam, Serangan, Kota Solo. Beberapa warga Margono dan Tuti warga setempat sejak dulu ikut antri dan menilai enak dengan ramuan rempah-rempah. (Agung Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *