Walikota Solo Gibran Mempertanyakan Kepala Daerah Tidak Hadir Rembug Jateng, Pj Gubernur Nana Sebut Mungkin Sibuk

SOLO, solopopuler.com – Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sekaligus Wakil Presiden terpilih mempertanyakan sejumlah kepala daerah aktif yang tidak hadir dalam Rembug Pembangunan Jawa Tengah 2024 di Taman Balekambang, Solo, Kamis (30/5/2024). Mengingat, acara ini sangat penting kolaborasi antara Solo raya dan
kabupaten-kabupaten sekitar.

” Saya bingung kenapa wali kota dan bupati yang masih aktif banyak yang tidak hadir. Padahal penting sekali untuk melihat bagaimana pembangunan Jawa Tengah ke depan,” jelasnya.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat sambutan acara Rembug Jawa Tengah, Kamis (30/05/2024) di Balekambang, Kota Solo. (Foto : Agung Santoso)

Yang disampaikannya ini ketika sambutan dalam acara tersebut. Lebih lanjut, ia yakin Kota Solo ke depan bisa menjadi power house, trigger atau pemicu pusat pertumbuhan ekonomi. Jadi sangat penting sekali untuk bersinergi untuk mengurangi ego sektoral masing-masing.

” Dan kami kerja sama, kerja bareng, sinergi untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi terutama di Jateng,” paparnya.

Pada kesempatan sambutan itu, Gibran menjelaskan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Solo 2025-2045 banyak merencanakan pembangunan non fisik. Salah satunya investasi di Solo Technopark untuk meningkatkan sumber daya manusia. Gibran ingin memastikan anak muda mendapatkan pekerjaan yang layak.

“Kami meyiapkan sekolah-sekolah atau tempat pelatihan yang cocok untuk menghadapi tantangan zaman, ” tandasnya.

Pada pantauan acara tersebut, hanya Gibran satu-satunya kepala daerah aktif yang hadir pada Rembug Pembangunan Jawa Tengah 2024 dari Solo dan kabupaten sekitar. Bahkan untuk Kabupaten Sragen dihadiri Wakil Bupati Sragen Suroto. Karanganyar dihadiri Pj Bupati Karanganyar Timotius Suryadi dan kabupaten lainnya kepala dinas.

BACA JUGA:📱Ibu Negara Iriana Jokowi Dan Ibu- Ibu OASE Borong Tas Dan Kain Di Expo UMKM HUT Dekranas

Kegiatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jateng Djarwanto Dwiatmoko memandu jalannya diskusi pada Rembug Pembangunan Jawa Tengah 2024. Pemerintah daerah yang tidak dihadiri kepada daerah atau wakil kepala daerahnya diminta mengusulkan belakangan. Daerah yang hadir ada 12 kabupaten/kota tanpa kepala daerah Pjs Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan mungkin sibuk.

” Yang penting sudah ada perwakilan. Kita akan cek kembali yang tidak hadir, ” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *